Core Router untuk Cloud dari Alcatel

Pesatnya penggunaan perangkat bergerak, seperti smartphone, komputer tablet, dan televisi internet mendorong penggunaan jaringan yang kian padat. Tak sekadar sebagai alat komunikasi, perangkat mobile juga mempunyai fungsi komputasi, penyimpanan, streaming, dan game.
Jelas ini berimplikasi pada besarnya bandwidth,” kata IP Product Division Business Development, Alcatel Lucent, Ivan Sorano Chandra, di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2012.



Kondisi ini, kata Ivan, menciptakan sejumlah tantangan bagi kalangan operator telekomunikasi yang mulai memberikan beragam layanan kepada pelanggannya. Tetap menambah kapasitas tanpa mengabaikan kinerja.

Menurut Toto Prayogo, IP Solution Manager Alcatel Lucent, tren cloud akan mengubah karakteristik trafik yang selama ini banyak berada di dalam jaringan internal menjadi di luar jaringan internal. Nantinya 80 persen trafik lebih banyak berada di luar,” katanya.

Untuk itulah, Alcatel Lucent meluncurkan internet core router 7950 Extensible Routing System (XRS). Ini merupakan generasi terbaru IP Router untuk era cloud dan kebutuhan layanan video. Alcatel mengklaim 7950 XRS merupakan Internet core router yang paling kuat yang ada saat ini.


Terdapat tiga seri dalam keluarga 7950 XRS, yakni 7950 XRS-40, 7950 XRS-20, dan 7950 XRS-16C. Ketiga seri ini mampu memberikan fungsi kapasitas dan kapabilitas secara bersamaan tanpa mengabaikan salah satunya. Umumnya kalau kapasitasnya ditambah performanya akan menurun, tapi 7950 XRS mampu mendorong keduanya,” kata Ivan.

Kelebihan tersebut karena tiga seri internet core router dari Alcatel Lucent ini telah menggunakan cipset FP3 network processor unit 400G pertama saat ini. »Ini merupakan evolusi performa yang berlipat ganda dari dua seri sebelumnya FP1, yang 10G, dan FP2, dengan 100G,” katanya.

Ketiga seri 7950 XRS tersebut menawarkan kapasitas yang berbeda, 7950 XRS-40 mempunyai kapasitas 32 terabita per detik dengan slots 40 modul, 7950 XRS-20 berkapasitas 16 terabita per detik dengan 20 slots modul, dan 7950 XRS-16C dengan kapasitas 6,4 terabita per detik dan 16 modul slots. Dari tiga seri tersebut, 7950 XRS-20 akan lebih dulu hadir ke pasar pada semester kedua tahun ini. Adapun dua seri lainnya baru akan tersedia pada awal tahun depan.

Saat ini tiga operator besar di Indonesia sudah menggunakan teknologi Alcatel Lucent. Ke depannya, Alcatel menargetkan semua operator yang ada di Indonesia. Kalau bisa, ya semuanya,” kata President Director Alcatel Lucent Indonesia, Frederic Chapelard.

0 komentar:

Posting Komentar