Shortcut Rahasia pada Mozilla Firefox

Bagi para pengguna browser Firefox, apakah kamu sudah menggunakannya dengan efektif dan efisien? Sudah seberapa banyak dan seberapa sering kamu menggunakan tombol-tombol shortcut pada Firefox yang dapat membuat kegiatan berselancar (browsing) menjadi lebih cepat dan nyaman? Sebagian dari kamu pasti udah sering menggunakan shortcut-shortcut Firefox, nah untuk kamu yang belum saya akan memberikannya di sini, silakan digunakan karena pasti bermanfaat 
 
1. Menuliskan alamat .com, .org, dan .net
Saat kamu menulis alamat sebuat website, cukup tuliskan nama alamatnya saja tanpa domain lalu tekan shortcut berikut untuk secara otomatis melengkapkan domainnya:
Ctrl + Enter untuk www..com
Shift + Enter untuk www..net
Ctrl + Shift + Enter untuk www..org
Sebagai contoh, silakan kamu tulis google di address bar kamu lalu tekan Ctrl + Enter, secara otomatis kamu akan masuk ke halaman www.google.com
Efisien kan?

2. Langsung menuju address bar
Bila kamu sedang malas menggunakan mouse untuk mengklik address bar untuk menuliskan alamat website lain, cukup tekan Alt + D atau Ctrl + L untuk secara otomatis memilih address bar.

3. Membuka tab yang baru dan yang lama
  • Untuk membuka tab baru yang masih kosong tekan Ctrl + T
  • Untuk membuka tab lama yang telah tertutup (misalkan tidak sengaja ke-close) tekan Ctrl + Shift T
Saya sangat merasakan manfaatnya 
4. Membuka halaman di tab baru
  • Saat kamu sedang menulis suatu alamat situs di address bar, bila kamu pernah membukanya di waktu-waktu sebelumnya, pasti akan muncul autocomplete list, yaitu list situs yang pernah kamu buka sebelumnya. Misalkan kamu baru menulis face akan keluar pilihan www.facebook.com di bawahnya kan? Nah, kamu dapat memilihnya dengan menekan arah panah bawah pada keyboard, lalu bila kamu menekan Alt + Enter, secara otomatis situs tersebut akan terbuka pada tab baru.
  • Bila kamu ingin membuka sebuah link di tab baru, kamu dapat menekan Ctrl sambil klik kiri mouse, atau cukup dengan menekan klik tengah mouse, secara otomatis link tersebut akan terbuka pada tab baru.
5. Menutup tab
Ctrl + W - Close tab saat ini

6. Refresh / Reload
Cukup tekan F5 (udah pada tahu pastinya )

7. Menghapus address history pilihan
Pada autocomplete list di address bar (seperti yang disinggung pada poin 4) dan pada autocomplete form (misalkan saat search google, dll) kamu dapat menghapus listnya secara satu persatu dengan menyorotnya terlebih dahulu dan menekan tombol Delete.
Hal ini dapat bermanfaat bila kamu merasa terganggu dengan beberapa autocomplete list yang telah ada, atau misalkan sebelumnya kamu pernah membuka situs atau mensearch sesuatu di google dengan menggunakan kata-kata vulgar (jangan dilakukan ya  ), jadi bisa kamu hapus deh biar ngga keliatan temen

8. Menghapus semua history
Cukup tekan Ctrl + Shift + Delete untuk membuka Clear Recent History

9. Pindah tab
Tekan Ctrl + Tab untuk berpindah-pindah tab, atau tekan Ctrl + (1, 2, 3, dst.. ) untuk membuka tab ke-1, 2, 3 ,dst..

10. Bookmark
Tekan Ctrl + D untuk membuka menu Bookmark

11. Menampilkan Menu Bar pada Firefox 4
Secara default, Firefox 4 tidak menampilkan Menu Bar. Untuk menampilkannya secara permanen bisa diubah pada settingannya. Tapi bila kamu ingin sementara saja, cukup tekan tombol Alt, Menu Bar akan muncul sementara dan bila kamu klik di tempat lain, Menu Bar tersebut akan tersembunyi lagi.
Sip, silakan dicoba semuanya, sebagian besar pasti akan membuat kegiatan browsing kita menjadi lebih cepat dan nyaman. Btw, sebagian dari yang saya sebutkan di atas juga bisa dicoba di browser lain, seperti Internet Explorer, Google Chrome, Opera, dll.
Kamu punya tambahan shortcut lagi? Silakan share di kolom komentar

0 komentar:

Posting Komentar